RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru Revisi 2020 Tema 4

RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru Revisi 2020 (Tema 4) kangizal.com faizalhusaeni.com

RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru Revisi 2020 (Tema 4) - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang saya bagikan adalah revisi terbaru 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang harus dipersiapkan oleh seorang guru sebelum mengajar atau melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP merupakan bekal guru sebelum bertempur di kelas, bertempur menghadapi anak didik agar pembelajaran terlaksana dengan baik, tertib, lancar, aman dan terkendali.

Pada kurikulum 2013, umumnya satu RPP dibuat untuk satu pertemuan atau satu pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas dua sampai tiga Kompetensi Dasar (KD). RPP terdiri dari beberapa bagian, mulai dari poin A sampai poin J.

A.KOMPETENSI INTI

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. (Spiritual)
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara. Sosial)
  3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. (Pengetahuan)
  4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya. (Keterampilan)

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Satu pembelajaran biasanya terdiri atas dua sampai dengan tiga KD

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

D. MATERI POKOK

E. MATERI PEMBELAJARAN
Sikap, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Pengetahuan, dan Keterampilan:

F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan, Strategi, dan Teknik

G. MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran sesuai dengan materi yang disampaikan.
H. SUMBER BELAJAR
Buku Siswa, Buku Guru, dan buku penunjang pembelajaran lainnya

I. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal atau Kegiatan Pendahuluan. Umumnya, kegiatan awal pembelajaran sebagai berikut.
Guru datang tepat waktu. (Sikap/PPK : Disiplin)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas. (Sikap/PPK : Santun)
Berdoa sebelum memulai pelajaran. (Sikap/PPK : Religius)
Memeriksa kebersihan kelas kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk siswa disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. (Sikap/PPK : Mandiri, Gotong royong, Integritas)
Memeriksa kehadiran siswa. (Sikap/PPK : Peduli)
Menegur siswa yang datang terlambat dengan sopan. (Sikap/PPK : Tanggung Jawab)
Menyiapkan materi ajar, model, alat peraga. (Sikap/PPK : Tanggung Jawab, Peduli)
Menyiapkan fisik dan psikis siswa mengikuti pelajaran/ mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan. (Sikap/PPK : Peduli)
Melaksanakan Apersepsi (Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari). (Sikap/PPK : Tanggung jawab)
Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan. (Sikap/PPK : Gotong royong)
Menjelaskan KD dan tujuan yang ingin dicapai/Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. (Sikap/PPK : Jujur, Integritas)
Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar. (Sikap/PPK : Jujur, Peduli, Integritas)
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. (Sikap/PPK : Jujur, Integritas)
Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini. (Sikap/PPK : Tanggungjawab, Peduli, Percaya diri)

Kegiatan Inti
berdasarkan materi yang akan disampaikan. Kegiatan inti inilah yang menjadi hal terpenting dalam suatu kegiatan belajar. Guru diharapkan kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Kegiatan penutup atau kegiatan akhir. Umumnya, kegiatan penutup atau kegiatan akhir pembelajaran adalah sebagai berikut.
Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri  membuat rangkuman/simpulan pelajaran. (Sikap/PPK : Tanggung jawab, Peduli)
Siswa melakukan renungan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dengan menjawab pertanyaan dari guru (Sikap/PPK : Jujur, Peduli)
Guru bersama-sama dengan siswa memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. (Sikap/PPK : Percaya diri)
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. (Sikap/PPK : Tanggung jawab)
Guru memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah (Sikap/PPK : Tanggung jawab)
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar siswa. (Sikap/PPK : Tanggung jawab)
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. (Sikap/PPK : Peduli)
Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doa. (Sikap/PPK : Religius)
Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang. (Sikap/PPK : Religius, Santun)

J. PENILAIAN , PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN

Berikut ini saya bagikan RPP untuk para pendidik, untuk lengkapnya kamu dapat download RPP Kelas 5 SD kurikulum 2013 pada tautan berikut.

RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru Revisi 2020 (Tema 4)

0 Response to "RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Terbaru Revisi 2020 Tema 4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel