Apa manfaat makan bersama dalam keluarga?

Apa manfaat makan bersama dalam keluarga? - kangizal

Makan bersama dengan keluarga dapat memberikan sensasi tersendiri. Rasa kebersamaan dan kekeluargaan akan tercipta dan menjadi kenangan yang tak terlupakan sepanjang masa. Lantas manfaat apa saja yang bisa didapat dari makan bersama keluarga? Dan bagaimana cara mengisi kegiatan makan bersama keluarga yang berkesan?

Nah, moment puasa merupakan saat keluarga dapat berkumpul dengan mesra. Orang tua dan anak-anaknya dapat melakukan sholat berjamaah baik itu sholat fardhu maupun sholat Sunnah tarawih dalam keluarga. Makan sahur dan berbuka puasa bersama keluarga, Bagi keluarga yang jarang melakukan makan bersama, akan merasakan kebahagiaan yang sangat luar biasa.

Ayah dan Ibu jangan menyepelekan aktivitas makan bersama dalam keluarga. Kenapa kita bisa makan bersama teman-teman sebaya, tapi kita tidak melakukannya di lingkungan rumah sendiri? Coba lakukan makan bersama keluarga seminggu sekali. Setelah itu akan merasakan manfaat dari makan bersama keluarga tersebut.

Selain itu juga, kita dapat keberkahan dari Allah swt, apalagi saat waktu puasa, maka keberkahan itu akan benar-benar kita rasakan dan nilainya berlipat-lipat. Di samping itu juga,dapat melatih kita dan anak-anak untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah swt. Makan bersama juga dapat memperlancar komunikasi dengan keluarga. Percakapan akan terasa lebih harmonis dan terasa lebih hangat daripada biasanya. Memberi rasa kekeluargaan sehingga hubungan menjadi lebih erat.

Sapaan, canda tawa, saling menyayangi akan muncul dalam keluarga..Tentunya parcakapan dilakukan setelah makan bersama selesai. Di sini anak dapat belajar dalam bersosialisasi dengan lingkungan keluarganya, keterampilan sosial ini semakin bertambah jika intensitas makan bersama sering dilakukan. Hubungan Ayah dan Ibu semakin bertambah erat, demikian juga orang tua dan anak-anak serta antara adik dan kakaknya.

Selain itu juga, manfaat lain dapat menumbuhkan nilai-nilai kebaikan atau dapat menanamkan akhlak, etika dan sopan santun pada anak. Saat makan bersama orang tua dapat memberikan pelajaran-pelajaran tentang kehidupan, budi pekerti, menanyakan tentang kesulitan-kesulitan dan perkembangan anak dalam hubungannya dengan dunia luar dan lain sebagainya. Ayah dan Ibu dapat menanyakan problem yang anak-anak hadapi dalam segala hal. Biasanya anak akan menyampaikan isi hatinya atauunek-uneknya saat makan bersama keluarga. Problem anak, baik di sekolah maupun ketika di rumah dapat orang tua gali saat makan bersama selesai.

Jikalau anak kurang sukan dengan sayur, kegiatan makan bersama dapat melatih anak untuk menyukai makan makanan yang sehat dan bergizi seperti makan sayur dan makan buah. Makanan yang dijalankan di luar tentu belum sepenuhnya sehat dan bergizi dibandingkan dengan makanan yang diolah oleh Ibu. Berikanlah variasi makanan pada saat makan bersama keluarga sehingga selera makan anak akan bertambah.

Manfaat lainnya, yaitu dapat membantu mencairkan suasana yang kaku di dalam keluarga. Persoalan yang timbul dalam keluarga biasanya dapat diselesaikan pada saat makan bersama keluarga, dan hubungan dalam keluarga pun semakin menjadi baik. Ikatan emosional di dalam keluarga, hubungan juga orang tua dan anak akan saling menyayangi dan menghhormati. Kakak dan adik di rumah maupun di luarg rumah.

Yuk.. bulan Ramadhan ini kita manfaatkan kegiatan makan bersama keluarga untuk menumbuhkan karakter anak yang lebih baik. Dengan makan bersama keluarga kita akan merasakan keberkahan dari Allah swt dan manfaat lainnya yang tidak sedikit.

0 Response to "Apa manfaat makan bersama dalam keluarga?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel