Bagaimana cara menumbuhkan sikap dan perilaku kebiasaan membuang sampah pada tempatnya?


Bagaimana cara menumbuhkan sikap dan perilaku kebiasaan membuang sampah pada tempatnya? kangizal.com faizalhusaeni.com

Sering kita melihat anak-anak masih banyak yang membuang sampah di sembarang tempat. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun masih banyak yang melakukan hal demikian. Ya, membuah sampah pada tempatnya merupakan masalah sepele, namun tidak semua orang terbiasa untuk melakukannya. Banyak terjadi anak-anak membuang sampah sembarangan, baik ketika di sekolah, tempat wisata, bahkan di dalam kendaraan, orang-orang yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan. Betapa besar akibatnya jika membuang sampah sembarangan.

Banyak kasus terjadi di sekitar kita, sungai-sungai yang penuh sampah, pasar yang bau karena tumpukan sampah, mengakibatkan bencana yang merugikan. Dan semua karena anak-anak kita belum memiliki kesadaran membuang sampah pada tempatnya.

Membuang sampah sembarangan merupakan kebiasaan buruk. Norma sosial dan agama melarang perbuatan seperti ini. Dari kacamata agama menyatakan bahwa kebersihan sebagian daripada iman. Dari sisi sosial perbuatan membuang sampah mengakibatkan kerugian yang besar.

Ya, masalah membuang sampah pada tempatnya tampak seperti sepele dan akibatnya hampir diabaikan semua orang. Menumbuhkan sikap dan perilaku membuang sampah pada tempatnya haruslah sudah dilakukan sejak usia dini. Hal ini akan memberikan dampak kesadaran terhadap pentingnya kebersihan terhadap lingkungan. Kelak suatu saat ketika sudah dewasa, anak sudah terbiasa tanpa perlu diingatkan akan dengan sendirinya mempunyai tanggung jawab dalam menjaga kebersihan. Baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan masyarakat.

Lalu Bagaimana cara menumbuhkan sikap dan perilaku kebiasaan membuang sampah pada tempatnya?

1. Mengenalkan secara langsung akibat membuang sampah sembarangan. Misalnya dengan mengajak anak-anak ke pasar. Jika menemui tumpukan sampah yang menggunung dan bau yang tidak sedap, ceritakan betapa tidak nyaman dan mengganggu siapa pun.

2. Beri pengarahan dan bimbingan langsung. Saat anak makan makanan yang terbungkus, katakan: "Nanti bungkus makanannya dibuang di tempat sampah ya!" Bila perlu bimbing anak menuju tempat sampah.

3. Bacakan cerita atau dongeng yang berkaitan dengan pentingnya menjaga kesehatan. Dengan dongeng orang tua lebih mudah memasukkan unsur-unsur kebaikan.

4. Ajak dengan bermain. Misalkan dengan berlomba memasukkan dan mengumpulkan kertas atau sampah ke tong sampah atau dengan bermain peran yang melibatkan langsung anak-anak.

Cara menumbuhkan sikap dan perilaku kebiasaan membuang sampah pada tempatnya di atas dilakukan dengan kontinu, Tegurlah anak dengan halus jika orang tua mendapati anak membuang sampah sembarangan. Bimbing dan arahkan dengan bahasa yang baik.

0 Response to "Bagaimana cara menumbuhkan sikap dan perilaku kebiasaan membuang sampah pada tempatnya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel