Apa penyebab anak susah tidur atau sulit tidur?

Apa penyebab anak susah tidur atau sulit tidur? kangizal.com faizalhusaeni.com

Apa penyebab anak susah tidur? Ketika malam hari tiba, inginnya segera tidur beristirahat, namun si kecil masih membutuhkan kita. Ya, sadarilah bahwa anak kecil tidak saja membutuhkan kita secara lahiriah tapi juga kebutuhan batiniahnya. Slah satunya ketika anak mengalami kesulitan dalam tidur, maka anak akan merasa nyaman dan tenang.

Kesulitan tidur atau susah tidur pada anak hendaknya menjadi perhatian orang tua, agar kita dapat mencari penyebab dan tentunya mencari solusi untuk mengatasinya. Jika anak dengan kasus di atas penyebab tidak bisa tidur adalah disebabkan jam tidur siang yang lama maka dalam hal ini orang tua usahakan mengatur pola jam tidur anak, terutama tidur siang. Temani si kecil jika memang masih belum mengantuk, membacakan cerita misalnya. 

Penyebab lainnya adalah jika perut anak kosong atau merasa lapar, maka anak kecil dalam kondisi ini akan mengalami susah untuk tidur. Oleh karena itu, sebelum malam hari anak hendaknya sudah kenyang, sehingga malam hari anak akan terlelap dengan nyaman tanpa perut keroncongan.

Faktor kelelahan dan kondisi sakit dapat juga menyebabkan kesulitan anak dalam masalah tidur. Dalam kondisi ini dampingi dan berilah kenyamanan pada anak. Hal ini membantu anak dalam tidurnya, walaupun kadang sering bangun berkali-kali pada tengah malam.

Gangguan tidur pada anak jika tidak disikapi orang tua dengan baik, maka akan menganggu perkembangan emosi dan fisik anak. Anak akan serong rewel dan badan terasa tidak enak dan tidak bugar jika tidak bisa tidur dengan nyaman.

Jika gangguan tidur tidur dialami karena faktor psikis, maka berkonsultasilah dengan psikolog anak. Tangani dengan bijak keadaan anak yang mengalami kesulitan tidur. Jangan karena kita sudah merasa lelah dan mengantuk kita memaksa anak untuk lekas tidur. Dengan mengenali berbagai penyebab ini, maka Ayah dan Bunda bisa mengatasi anak-anak dapat tidur tidak larut malam.

0 Response to "Apa penyebab anak susah tidur atau sulit tidur?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel