7 Hal yang harus diketahui orangtua dalam mendidik anak perempuan

7 Hal yang harus diketahui orangtua dalam mendidik anak perempuan

1. Kedekatan dengan sang ayah sangat dibutuhkan
Dari sosok ayah, seorang anak perempuan belajar tentang seorang laki-laki seharusnya menjadi seperti apa, apa yang dapat dia harapkan dari seorang laki-laki dan bagaimana seorang laki-laki melihat dan menyikapinya.

2. Kini dia lebih mudah untuk tumbuh melewati usianya
Anak-anak zaman sekarang cenderung lebih cepat matang melebihi usianya. Sebagai orangtua, kita harus memastikan dia mendapatkan kesempatan untuk menikmati masa kecil yang semestinya. Jangan biarkan dia tumbuh terlalu cepat melewati usianya. Berikan juga batasan untuk hal-hal yang memang belum tepat untuk diketahui di usianya.


Bunda: "Pakai hijab saja kamu sudah cantik. Tidak perlu pakai make up segala, karena belum waktunya"
Haura: "Iya ya bun"

3. Dia harus bijaksana dalam menggunakan uang
Kelak ketika dewasa, seorang anak perempuan akan menjadi pengelola keuangan dalam sebuah keluarga. Oleh karenanya, dia perlu diajarkan tentang bagaimana pentingnya mengelola uang dan tentang bagaimana konsekuensinya menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan. Ajarka juga, agar teliti dalam menentukan mana keinginan dan mana kebutuhan.

4. Jadikan memasak sebagai aktivitas menyenangkan
Usian 5 sampai dengan usia 12 tahun adalah waktu yang paling baik untuk mengajarkan anak perempuan memasak. Dimulai dari sekadar diminta ibu membantu di dapur, lambat laun kecintaan anak terhadap memasak bisa dibangun. Anak perempuan biasanya tanpa diminta pun, ia merasa senang menyaksikan bundanya memasak.


Bunda: "Nak, lihat. Dengan cetakan ini kita bisa bikin bentuk kue yang lucu-lucu lho"
Haura: Wah iya, aku mau coba buat kue bentuk bintang ah bun!"

5. Dukung mimpinya dalam mengejar ilmu pengetahuan dan cita-citanya
Sudah menjadi fitrahnya seorang perempuan pada akhirnya memang menjadi seorang ibu dan mengurus anak-anaknya di rumah, namun jika dia tak memiliki cukup ilmu yang luas, lalu bagaimana dia mampu mencetak anak-anak yang berkualitas. Oleh karena itu, penting sekali dalam mendukung minatnya dalam belajar dan berikan motivasi untuk terus berusaha meraih apa yang menjadi cita-citanya.

6. Bantu anak menyadari bahwa perempuan itu sangat istimewa
Dalam Islam, perempuan adalah makhluk yang sangat dimuliakan dan sangat tinggi kedudukannya di sisi Allah. Maka sudah sepantasnya untuk setiap perempuan menghargai dirinya, seperti memerlakukan tubuhnya secara hormat dengan mengenakan hijab. Dan yang terpenting adalah menjaga auratnya agar tidak terlihat oleh orang lain.


Haura: Bun, kenapa Haura harus pake hijab sih?"
Bunda: "Karena dalam islam, perempuan itu sangat istimewa. Dan jilbab ini untuk melindungi kamu, juga untuk menjaga kehormatan perempuan."
7. Dia butuh pujian, tak selalu tentang cantik
Seorang anak perempuan harus tahu bahwa dalam dirinya terdapat suatu yang lebih penting untuk dipuji dibandingkan kecantikannya. Maka, pujilah anak karena kepintarannya, kebaikan hatinya, dan ketaatannya kepada Allah. Sebab, semua hal itu tak akan pernah pudar oleh waktu. Karena dalam hidup ini tidak ada yang lebih berharga selain kesucian hati.


Haura: "Bun, ini hasil ulanganku hari ini."
Bunda: "Wah, anak Bunda dapet 100. Emang deh, anak Bunda paling the best."

Pesan untuk Ayah dan Bunda, Yuk, kenali lebih jauh lagi anak-anak kita, khususnya anak perempuan. jaga selalu ia agar kelak tumbuh menjadi pribadi yang baik perilaku dan hatinya. 

0 Response to "7 Hal yang harus diketahui orangtua dalam mendidik anak perempuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel