4 Hal penting dalam mendidik anak laki-laki

4 hal penting dalam mendidik anak laki-laki yang perlu Ayah dan Bunda ketahui

Cara mendidik anak laki-laki tentu berbeda dengan mendidik anak perempuan. Berikut ini 4 hal penting dalam mendidik anak laki-laki yang perlu Ayah dan Bunda ketahui bersama. Tentu setelah kita tahu apa saja yang perlu dilakukan, maka dapat meminimalisir kesalahan orangtua dalam mendidik anak laki-lakinya.


1. Biarkan sikap aktifnya
Tidak perlu mencoba menghilangkan tingkah laku lincahnya. Berlarian dengan riang gembira dan terkadang membuat orangtua pusing dibuatnya. Belum lagi ketika merusak perabotan di rumah. Kita hanya perlu menikmati keadaan tersebut dan perlahan membentuk kemudian memperbaiki sikap mereka.

2. Bantu dia untuk mengungkapkan perasaannya
Anak laki-laki lebih sulit dalam mengekspresikan perasaannya sejak dini. Tanyakan pula apa yang terjadi padanya saat dia terlihat sedih dan murung. Jangan larang dia menangis. Tanyakan apa yang bisa kita lakukan untuk membantunya. Ajarkan juga bagaimana cara mengekspresikan perhatian dan rasa sayang kepada orang-orang di sekitarnya.

3. Ajarkan untuk menghargai perempuan
Beri tahu dia tentang perbedaan fitrah laki-laki dan perempuan. Setelah memahami perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan, ajarkan mereka agar tidak menyakiti perempuan baik secara fisik maupun psikis. Ajarkan juga kalau laki-laki lebih kuat dalam suatu hal, tapi beritahukan juga bukan berarti perempuan lemah dibandungkan lak-laki. Keduanya sama namun ada batasan yang membedakan.

4. Tumbuhkan jiwa kepemimpinan
Dia harus tahu bahwa setiap anak laki-laki kelak dewasa akan menjadi seorang pemimpin. Pemimpin atas dirinya sendiri dan pemimpin untuk keluarganya ketika sudah menikah. Tumbuhkan jiwa kepemimpinannya dengan berbagai aktivitas seperti memberinya tanggung jawab sederhana, kesempatan untuk berbicara mengutarakan pendapatnya, dan memberikan cerita tentang tokoh-tokoh yang terkenal akan jiwa kepemimpinannya.

Itulah 4 Hal penting dalam mendidik anak laki-laki yang perlu orangtua ketahui. Mari kita didik dan rawat anak-anak kita dan perbaikilah budi pekertinya. Sesungguhnya anak-anak adalah bentuk hadiah dari Allah kepada kita. Anak adalah titipan yang kelak akan menjadi ladang pahala ketika kita sudah tiada.

0 Response to "4 Hal penting dalam mendidik anak laki-laki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel