7 Cara agar anak-anak menjadi baik hati

Setiap orangtua ingin anak-anaknya menjadi orang yang lebih baik dari dirinya. Mari kita selaku orangtua menerapkan 7 cara agar anak-anak menjadi baik hati, mampu membesarkan anak-anaknya menjadi ramah, bertanggung jawab dan saling menyayangi satu sama lain.

Setiap orangtua pasti menginginkan buah hatinya menjadi pribadi yang baik bukan? Berikut ini 7 cara agar anak-anak menjadi baik hati:
1. Ajarkan mereka untuk mengontrol emosinya
Kemarahan, kesedihan serta kekecewaan sangat besar pengaruhnya terhadap anak-anak, bahkan juga kepada orang dewasa. Namun, kita tetap bisa mengajarkan anak-anak tentang bagaimana mengatasi emosi yang negatif. Ketika anak dalam suasana emosional yang stabil, ajarkan mereka cara-cara ini, ambil napas panjang melalui hidup lalu hembuskan melalui mulut dan hitung hingga lima.
Haura: "Bunda, mainan bonekaku rusak, huhuhuu"

2. Ajak bicara tentang tanggung jawab untuk setiap tindakan anak
Ayah dan Bunda ialah model yang akan dicontoh dan diikuti oleh anak-anaknya. Bicarakan tentang moral dan anjurkan mereka untuk membantu dan peduli pada orang-orang di sekitar. Jelaskan arti tanggung jawab dari setiap tindakan yang dilakukannya. Yang paling penting dari semua itu, jangan lupa perlihatkan perilaku sesuai dengan perkataan kita dan selalu dorong mereka untuk melakukan tindakan yang baik.
Bunda: "Nanti mainannya bereskan sendiri ya setelah selesai bermain."
Izal: "Baik, siap Bun!"

3. Ajarkan mereka untuk saling peduli dan menolong yang lemah
Penting bagi anak-anak untuk merasa peduli pada orang lain, tidak terbatas hanya kepada orang yang mereka cintai atau temannya, akan tetapi juga kepada setiap orang yang membutuhkan bantuan. Berikan pertanyaan tentang masalah-masalah umum, seperti apa yang bisa dia lakukan untuk anak-anak yang tidak punya makanan dan kelaparan, atau anak-anak yang tidak punya orangtua di rumah.

4. Ajarkan mereka untuk selalu bersyukur
Jangan biarkan mereka tidak tahu bagaimana caranya bersyukur dan berterima kasih atas semua hal dan keberadaan setiap orang yang ada di hidupnya. Ingatkan anak agar selalu mengatakan terima kasih untuk setiap kebaikan yang orang lain lakukan untuknya.

5. Ajarkan mereka tentang apa yang menjadi kebiasaan baik
Banyak orangtua yang merasa senang dengan prestasi akademik anaknya di sekolah. Mengapa tidak merasakan hal serupa untuk kebiasaan baik yang anak mereka miliki? Hal ini sangatlah penting guna menerjemahkan secara jelas tentang nilai-nilai kebaikan yang telah ditanamkan dalam keluarga.

6. Ajarkan nilai-nilai Islam
Islam adalah sumber dari semua kebaikan, dan dengan mengajarkan nilai-nilainya kepada anak, mudah-mudahan hingga dewasa nanti dia akan selalu terjaga dan ingat dengan setiap kebaikan yang telah ditanamkan orangtuanya pada dirinya

7. Habiskan waktu bersama anak lebih banyak
Bangunlah hubungan yang penuh kepercayaan dengan anak. Ajak mengobrol dan bermain, habiskan waktu bersama, pergilah ke suatu tempat dan tentunya jangan lupa tunjukkan betapa kita mencintai anak-anaknya. Semua itu akan membantu mereka menjadi anak yang ramah dan menyenangkan. Mereka akan mengerti bagaimana kasih sayang, menghargai dan mampu berbagi perasaan dengan orang-orang sekitarnya.

Setiap orangtua ingin anak-anaknya menjadi orang yang lebih baik dari dirinya. Mari kita selaku orangtua menerapkan 7 cara agar anak-anak menjadi baik hati, mampu membesarkan anak-anaknya menjadi ramah, bertanggung jawab dan saling menyayangi satu sama lain. Rehat sejenak dengan menunda pekerjaan kita dan bermainlah bersama anak-anak kita, karena yang anak butuhkan bukan hanya harta benda kita saja. Akan tetapi, perhatian dan kasih sayang dari orangtualah yang mereka butuhkan.

0 Response to "7 Cara agar anak-anak menjadi baik hati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel