Bagaimana cara menumbuhkan sifat saling berbagi pada anak?

Bagaimana cara menumbuhkan sifat saling berbagi pada anak? - kangizal.com

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya memiliki sifat saling berbagi. Sifat saling berbagi sangat penting untuk dikenalkan dan diajarkan kepada anak sejak dini. Tidak sulit dalam mengajarkan anak untuk saling berbagi, karena pada dasarnya anak mudah untuk diarahkan menerima hal-hal baik tergantung metode dan cara yang orang tua lakukan.

Sifat saling memberi dan berbagi jika sudah tumbuh pada diri anak, maka saat dewasa nanti anak diharapkan lebih peka dan mengerti dengan kondisi sosial di sekitarnya. Ada banyak hal yang orang tua lakukan dalam menumbuhkan sikap berbagi pada anak. Yang perlu diperhatikan adalah dilakukan terus menerus dengan bahasa yang dimengerti anak dan diajarkan dengan lemah lembut.

Berdasarkan penjelasan di atas, berikut ini akan dibagikan tips bagaimana cara menumbuhkan dan mengajarkan anak dalam hal sifat berbagi.

  • Bercerita atau membacakan dongeng yang sarat akan makna tentang keutamaan dan berbagai manfaat berbagi. Anak sangat suka dongeng, menggunakan alat atau media apapun. Di samping dapat menumbuhkan daya imajinasi anak, dongeng membantu anak mengembangkan kemampuan bahasanya dan sikap atau nilai yang dapat memicu anak untuk mau berbagi.
  • Mengajarkannya dengan bahasa sesederhana mungkin, terapkan pola pikir bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, maksudnya memberi lebih mulia dibandingkan menerima dan meminta. Ayah dan Ibu dapat juga mengembangkan tentang nilai-nilai kebaikan dan manfaat apa saja yang dipetik ketika berperilaku saling berbagi.
  • Mengajak anak berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, ataupun ke tempat panti sosial lainnya. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kepedulian anak seiring bertambahnya usia, karena terbiasa berempati terhadap orang-orang sekitar yang membutuhkan.
  • Biasakan anak untuk tidak menerima hadiah ataupun kado saat perayaan ulang tahunnya, namun sebaliknya ajarkan bahwa ulang tahun adalah saat berbag, dan memberi kesenangan kepada orang lain.
  • Jika Ayah dan Ibu rutin membawakan bekal makanan anak untuk di sekolah, lebih baik porsinya dilebihkan dan katakana pada anak, “Jika ada temanmu yang tidak bawa bekal, kamu dapat berbagi makanan dengannya”.

Akhirnya, berbagi dengan sesama adalah perbuatan baik yang harus kita lakukan di manapun dan kapanpun itu. Berbagi tanpa mengharapkan imbalan,berbagi tanpa ingin dilihat, dan berbagi tanpa ingin dipuji. Berbagi dalam hal kecil tapi sering, itu lebih baik daripada berbagi dalam hal besar namun hanya sekali saja. Jadi, apakah kamu sudah berbagi hari ini? Apa yang kamu bagikan hari ini?

0 Response to "Bagaimana cara menumbuhkan sifat saling berbagi pada anak?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel