Pentingnya menyaring informasi dari internet

Pentingnya menyaring informasi dari internet - kangizal.com

Pentingnya menyaring informasi dari internet - Di era yang serba digital ini, perkembangan teknologi sangat berkembang dengan pesat. Beragam kemudahan sudah tersedia dalam gadget yang diproduksi berdasarkan keinginan konsumen dan tentu dengan berbagai varian harga serta keunggulannya masing-masing. Hal ini membuat orang semakin termanjakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak anak yang sudah diberikan akses oleh orang tuanya untuk menggunakan gadget.

Saat ini umumnya, gadget dapat digunakan untuk mengakses internet, jadi informasi sangatlah mudah didapat, misalnya melalui google dan youtube. Lantas bagaimana cara kita menyaring semua informasi itu supaya tidak berdampak buruk kepada anak-anak? Haruskah anak dilarang menggunakan gadget?

Orang tua memang tidak bisa memastikan berapa lama dalam sehari anak mereka menggunakan gadget. Namun, orang tua harus tahu bahwa anak bukan tidak mungkin bisa kecanduan gadget. Biasanya, hal ini disebabkan lemahnya peran orang tua, baik dalam keseharian maupun dalam mengambil hati anak sehingga tergantikan dengan gadget tersebut.

Pada dasarnya jiwa seseorang tidak bisa kosong. Ketika jiwa seseorang kosong, maka secara alami jiwa selalu minta diisi dan akhirnya yang mengisi kekosongan itu adalah gadget. Jadi, orang tua yang mengeluh anaknya main smartphone terus menerus mungkin belum bisa mengisi jiwa anaknya. Sebagai orang tua, cobalah pikirkan bagaimana cara membuat anak kecanduan pada orang tua. Itu pekerjaan rumah yang sulit bagi semua orang.

Pada zaman modern ini, bukan tidak mungkin masih ada anak yang dekat dengan ibunya sehingga ia tidak kecanduan terhadap smartphone. Misalnya, ketika ibu belum pulang, anak terus-terusan bertanya, kok mama belum pulang jam segini? mama kemana?. Itu rasanya sangat indah dan mungkin hanya sebagian kecil saja yang terjadi saat ini.

Supaya anak menjadi candu pada kita sebagai orang tua, maka perlu hadir saat anak sedang merasa sedih atau hampa hatinya. Hadir di batin anak saat sedang sedih akan membuat kamu kuat di mata anak. Terkadang anak lebih terbuka di media sosial dibandingkan dengan orang tuanya. Untuk mengetahui apa yang dirasakan anak, kamu bisa memeriksa status yang dibuat pada media sosialnya. Ketika status yang diposting mencerminkan kesedihan, maka ajak anak untuk bercerita dan buat anak mencurahkan isi hati pada orang tua.

Tugas orang tua bukan hanya membesarkan, mendidik, membiayai, dan sebagai tempat bernaung saja. Akan tetapi, juga sebagai tempat mencurahkan isi hati anak. Apabila orang tua tidak melakukannya, tugas ini malah bisa jadi dilakukan oleh teman atau orang asing yang bisa membahayakan diri anak. Tentu ini tidak baik, karena hatinya terpaut pada orang lain bukan pada orang tuanya sendiri.

Akhirnya, itulah pentingnya menyaring informasi dari internet yang harus diperhatikan oleh kita sebagai orang tua. Karena saat ini segala yang disediakan di jaringan internet semunya dapat dengan mudah kita akses. Dan yang menjadi filter baik maupun buruk internet bagi anak, ya hanya diri kita sendiri selaku orang tua.

0 Response to "Pentingnya menyaring informasi dari internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel