7 Cara menjaga ASI untuk ibu menyusui yang berpuasa

Cara menjaga ASI untuk ibu menyusui yang berpuasa

Bunda yang tengah menyusui apakah boleh berpuasa? Apakah tidak berpengaruh terhadap ASI (Air Susu Ibu)? Bunda boleh berpuasa saat tengah menyusui. Akan tetapi ada beberapa cara yang perlu Bunda perhatikan agar kualitas ASI tetap terjaga selama berpuasa. Berikut ini 7 cara menjaga ASI untuk ibu menyusui yang berpuasa.


1. Minum cukup air putih untuk mencegah dehidrasi
Kita tidak bisa minum banyak air langsung dalam satu waktu. Namun untuk mencegah dehidrasi, kita bisa menjaga jumlah konsumsi air yang masuk ke dalam tubuh kita di antara waktu berbuka dan sahur. Seperti mulai dari berbuka, selepas tarawih, sebelum tidur dan saat santap sahur. Minum air yang cukup dapat mencegah bunda yang sedang menyusui terhindar dari dehidrasi.

2. Jangan sampai tidak sahur
Selama bulan puasa secara garis besar kita hanya makan dua kali dalam sehari. Jika kita tidak sahur, hal ini akan berdampak pada kondisi tubuh kita selama berpuasa. Jikalau asupan sumber energi tidak mencukupi, tentunya jumlah ASI tidak akan baik kualitasnya dan bahkan cenderung intensitasnya sedikit.

3. Santap makanan bernutrisi
Jangan lupa untuk mempertahankan asupan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, sayur dan buah untuk berbuka dan saat sahur. Dengan asupan nutrisi yang bagus, maka akan menghasilkan ASI yang berkualitas. Ibu sehat dan anak pun bugar.

4. Tambah asupan setelah tarawih
Setelah salat tarawih, Bunda dapat menambah asupan nutrisi dengan menyantap makanan ringan yang menyehatkan, seperti salad sayur, buah dan vitamin. Karena ketiganya memiliki nutrisi yang kaya dan baik untuk tubuh.

5. Konsumsi makanan yang merangsang ASI
Sajikan menu sahur dan berbuka dengan sumber makanan yang telah terbukti dapat memperbanyak jumlah asupan ASI, seperti sayur bayam, katuk, kacang-kacangan, dan sayur bening lainnya.

6. Hindari banyak pikiran atau stres
Bunda yang sedang menyusui biasanya sering tersiksa dengan berbagai pikiran saat muncul masalah seputar ASI. Jangan cepat merasa stres saat produksi ASI jumlahnya sedikit. Tenangkan diri sejenak, ketahuilah jika Bunda stres dan banyak pikiran justru sangat mengganggu jumlah ASI yang akan dihasilkan.

7. Berdoa kepada Allah agar senantiasa diberikan jumlah ASI yang cukup
Tanamkan mindset pada diri bahwa Bunda menyusui anak-anak karena Bunda sedang menjalankan perintah Allah. Setelah semua hal yang bunda lakukan untuk menjaga persediaan ASI Bunda, jangan lupa untuk berdoa dan memohon langsung kepada Allah. Karena bagaimana pun juga semua yang sudah Bunda lakukan tidak terlepas dari Kehendak Allah.

Akhirnya, itulah 7 cara menjaga ASI untuk ibu menyusui yang berpuasa. Menjadi kebanggaan yang tidak terhingga bagi setiap ibu yang dapat berpuasa dan di saat bersamaan tengah menyusi anaknya. Berkah dari Allah akan selalu menyertai hari demi hari selama bulan Ramadhan.

Fenomena yang sekarang terjadi adalah depresi berlebih bagi generasi milenial, termasuk di antaranya bunda-bunda muda. Penyebabnya, yaitu ada perubahan besar yang terjadi dalam kehidupan perempuan saat mulai menyandang titel seorang ibu. Dia menjadi sangat bahagia, namun satu sisi ia rentan berubah suasana hatinya. Mengatasinya yaitu dengan memperbanyak doa agar hati tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh keikhlasan semata-mata dalam rangka ibadah.


0 Response to "7 Cara menjaga ASI untuk ibu menyusui yang berpuasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel