Menciptakan liburan menyenangkan di rumah

Menciptakan liburan menyenangkan di rumah - kangizal

Sebentar lagi liburan sekolah tiba, sering sekali orang tua tidak dapat mengajak anak-anaknya pergi untuk rekreasi, baik karena kesibukan orang tua maupun karena terbatasnya biaya untuk berlibur. Sebenarnya, hal ini bukan masalah yang serius, jika orang tua cermat dan cerdas dalam memanfaatkan liburan, maka dapat mengisi waktu liburan sekolah anak dengan kegiatan positif di rumah. Bagaimana cara menciptakan liburan yang menyenangkan di rumah?

Ayah dan Ibu harus paham kalau liburan sekolah yang panjang tidak harus diisi dengan jalan-jalan saja. Jika orang tua terhalang kendala dalam mengajak anak-anak liburan keluar rumah tidak perlu risau. Banyak kegiatan yang bermanfaat bagi anak ketika mengisi liburan di rumah. Hali ini jika orang tua mampu dan mau menfasilitasi anak ketika waktu liburan dihabiskan di rumah, sehingga tetap kaya akan pengalaman yang menakjubkan dan menyenangkan.

Kegiatan pelihara hewan, menanam dan memelihara tanaman di rumah dapat memberikan sensasi tersendiri yang luar biasa pada anak. Saat anak memberikan makan hewan peliharaan kesayangan, atau menanam dan menyiram sendiri tanamannya tersebut, secara tidak langsung anak belajar bereksplorasi tentang hewan dan tanaman tersebut. Orang tua dapat juga mendampingi anak sambil mengajukaN beberapa pertanyaan sederhana yang memancing rasa ingin tahu anak. Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan mengandung unsur pendidkan dan pembelajaran langsung adalah outbond di rumah.

Pernahkan Ayah dan Ibu membuat acara kemah-kemahan saat kecil dulu di teras rumah? Ya betul sekali, dahulu acaraini hanya membutuhkan alat yang sederhana. Beberapa kain panjang, tali raffia dan kayu sebagai penyangganya. Walaupun hanya dilakukan di depan, namun sangat memberi kesan mendalam. Makan dan minum bersama dengan teman-temannya, saling bercerit. Namun pengawasan dan bimbingan tetap harus dilakukan orang tua untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, kegiatan di atas dapat merangsang panca indera dan rasa ingin tahu pada anak, mempertajam keterampilan motoric kasar maupun halusnya. Demikian juga aspek lain seperti kekompakan, kebersamaan, pandai bersosialisasi dan rasa cinta pada lingkungannya. Biarkan anak bereksplorasi terhadap kegiatan ini. Bentuklah permainan yang berisi tentang kerja sama.

Selain itu juga, permainan tradisional juga dapat dilakukan pada kegiatan di rumah.Seperti permainan lompat tali, kejar-kejaran bermain petak umpet, ular tangga, congklak, bola bekel dan masih banyak lagi yang lainnya. Kegiatan liburan di rumah dapat juga dijadikan tulisan yang menarik. Hal ini biasanya dilakukan oleh anak-anak usia SD (sekolah dasar) sebagai bahan cerita ketika masuk sekolah kembali, yang tentu akan membuat anak saling berbagi cerita saat berjumpa kembali dengan teman-teman sekelasnya.

0 Response to "Menciptakan liburan menyenangkan di rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel