Cara Mengatasi Anak Yang Suka Menangis

Cara Mengatasi Anak Yang Suka Menangis - kangizal.com faizalhusaeni.com

Apa yang harus dilakukan Ayah-Bunda agar anak tidak suka sekali menangis? Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang suka menangis? Ya, anak kecil tidak lepas dari aktivitas yang satu ini, menangis. Sejak bayi dilahirkan ia sudah mengeluarkan suara tangisan khasnya. Seiring bertambahnya usia maka tangisan yang biasa terjadi akan berkurang dengan sendirinya.

Pada usia awal perkembangan anak, tangisan anak adalah wujud pengembangan bahasa. Sebagai ungkapan wujud perhatian terhadap lingkungan sekitar. Ini mulai terjadi pada usia bayi. Segala persoalan yang anak hadapi selalu mengungkapkan dengan tangisannya.

Sebagai orang tua kadang kita salah dalam memahami arti tangisan anak. Sering kita menganggap jika anak menangis menunjukkan bahwa anak tersebut sedang merasa lapar. Padahal tidaklah demikian adanya. Anak menangis tidak berarti juga anak tersebut rewel. Tangisan merupakan bentuk komunikasi langsung anak dengan ibu atau lingkungan sekitar.

Lihatlah pada saat anak sedang merasa sensitif, ia akan menunjukkan sikap marah, malu, sedih, kecewa, tidak suka dan perasaan tidak nyaman terhadap lingkungan sekitar akan ia tunjukkan dengan menangis. Nah, sebagai orang tua saat menghadapi anak menangis jangan langsung menyalahkan anak, ajaklah anak ke tempat yang lebih nyaman dan tanyakan apa yang menyebabkan dia menangis bukanlah cara bijaksana, bicaralah dengan tenang dan tidak perlu malu jika anak anda menangis di tempat umum yang ramai.

Kuncinya adalah ketenangan dari orang tua itu sendiri. Jika orang tua tenang dalam menghadapinya maka anak akan merasa diperhatikan dan akan mengungkapkan penyebab mengapa ia menangis, sehingga kita dapat mencari solusinya.

Berbeda pula saat anak menangis lapar, maka tindakan memberi makan akan cepat menghentikan tangisan anak. Namun bagaimana jika anak menangis tanpa henti dengan sebab yang tidak diketahui? Jika ini terjadi ajaklah anak anda ke tempat yang nyaman, dan tenangkan dengan hati tidak panik. Kondisi anak yang lelah, mengantuk dapat pula menyebabkan anak menangis dan rewel. Gendonglah anak anda dan berilah kenyamanan pada anak sampai dia terlelap.

Menangis adalah cara penyesuaian diri seorang anak dengan lingkungannya. Bayangkan jika anak merasa tidak mampu mengungkapkan rasa ketidaksukaannya baik dengan menangis ataupun marah. Tentu ini menjadi pertanda yang tidak baik bagi perkembangan seoranga anak.

 Menangis juga dapat menjadi sarana belajar anak untuk mengembangkan dan membentuk tingkah emosi yang dapat diterimanya. Misalkan anak yang pemarah tidak akan mendapat teman, dan anak yang selalu menangis akan selalu diledek oleh teman-temannya.

Oleh karena itu orang tua hendaklah dapat mengarahkan emosi anak agar tidak menjadi kebiasaan yang berulang. Karena hal tersebut akan menghambat aktivitas serta potensi anak.

Begitulah lebih kurangnya mengenai Cara Mengatasi Anak Yang Suka Menangis. Kiranya bermanfaat bagi Bunda yang memang mengalami hal tersebut.

0 Response to "Cara Mengatasi Anak Yang Suka Menangis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel